Sabtu, 12 Oktober 2013

K.H.AMILIN BIN H.MANSYUR ( Abah Amilin Abduljabbar )

Posted by Trusemangat 4 dbest On 02.00 | 43 comments

KH.AMILIN atau yang bergelar Abdul Jabbar dilahir SEKITAR 1800 di Garut dan wafat tanggal 22 September1962 dimakamkan DAYEUH KOLOT BANDUNG.Shohibul hikayat Haji AMILIN atau para penghayat Abdul Jabbar atau para murid beliau di bandung dan Garut sering memanggil dia dengan sebutan penghormatan MAMAK amilin,beliau juga sempat berguru kepada HAJI ODDO bin SYAIKH ABDUL KARIM al-bantani Yang memiliki pesantren berada di daerah Karawang(Rengas Dengklok),syech abdul karim al-Bantany seorang ulama besar yg mewariskan thoriqoh qodiriyah naqsyabandiyyah dari syech akhmad khotib sambas Bin Abdul GHOFFAR (Lahir di sambas-kalbar bermukim dan tinggal dimekkah sebagai pendiri thoriqot naqsyabandiyyah qodariyah) Kepada H.ODDO.
         KH.AMILIN juga sempat berguru dan bermukim di Mekkah Al-Mukarromah .Salah satu gurunya di mekkah adalah “Syaikh Fathoni,”yang menurut riwayat adalah yang memberi beliau gelar “Abdul Jabbar’ yang berarti hamba allah yang gagah perkasa.
Abdul Jabbar adalah diri kita yang artinya sebagai manusia adalah abdi allah yang gagah perkasa (Abdul Jabbar) sebagai khalifah di mukabumi. Jadi Asmak Abdul Jabbar adalah penginisasian diri atau mengembalikan manusia ke arah seharus nya sebagai pemegang kendali alam semesta dan sebagai pengemban tugas dari sang maha pencipta.
Pada zaman penjajahan Mamak Haji Amilin bersama degan murid-murid nya memakai tanda gelang berwarna merah di pergelangan tangan,sehingga mereka lebih di kenal dengan sebutan “Pasukan Gelang Merah”.
Dalam menghadapi Belanda, Pasukan Gelang Merah tidak menggunakan senjata alias hanya menggunakan tangan kosong. Walawpun murid-murid beliau banyak berguguran menghadapi belanda yang bersenjata lengkap,tapi murid-murid beliau tetap berhasil memenangkan perang melawan Belanda. Karena hanya menggunakan tangan kosong mengahdapi belanda,tangan mereka banyak berlumuran darah sehingga mereka juga di kenal dengan sebutan “Si Tangan Merah”.
  Selama menjalani dan membina sebagai guru Asma Abdul Jabbar,di daerah Garut, Jakarta,dan Bandung atau lebih tepatnya di daerah Dayeuh Kolot Bandung. H. Amilin di kalangan murid-murid nya sering di panggil dengan sebutan Mamak Haji Amilin atau ada juga yang memanggil beliau dengan sebutan Mamak Pagreksa Haji Amilin, sedanhkan murid-muridnya di panggil dengan sebutan Pala Putra Mamak,”Pala” adalah sebutan jamka atau lebih dari satu putra Mamak Haji Amilin.
H. Amilin semasa hidupnya dulu banyak meluruskan orang-orang yang mencari atau mengunggulkan kedigdayaan. Banyak yang di lucuti baik isim-isim, jimat, bahkan niat nya orang-orang itu di luruskkan zikirnya hanya karena Allah semata.
Di ingat kan untuk meningkatkan ke ikhlasan dan di beri wasiat agar tekad,ucap,jeung lampah(niat,perkataan,dan tindakan) selaras dengan perintah allah swt di beritahukan makna basmalah,dua kalimah sahadat,innalillahi...,haokollah... supaya lurus.
Beliau juga berwasiat,jangan mengurusi khodam apalagi mitos. Wasiat yang terpenting adalah untuk selalu menjaga tauhid. Bahkan dalam zikir asma di katakan , barang siapa niat nya berzikir asma abdul jabbar,bukan karena allah dan termasuk di jadikan sulap,maka akan mengalami kecelakaan di dunia dan akhirat.
“untuk memukul ? (memukul siapa)
“untuk menjaga ? (dari apa)
Yang menjaga itu allah atau hijib ?..
Tengok ini untuk itu,itu untuk ini..
Dalam mengamalkan “(kalimah asma abdul jabbar)” ini,semata-mata hanya untuk berbakti diri kepada allah dan tidak untuk kepentingan dunia,kesaktian,kekayaan,da lain-lain.
Lihatlah nabi besar Muhammad SAW yang tidak ada satupun manusai yang lebih ma’rifat kepada allah selain beliau,kalau lah memang beliau kebal atau sakti, mengapa saat perang uhud beliau terluka dan jika kaum Quraisy menghina untuk mengeluarkan mu’jizat atau pun hal aneh lainnya, beliau hanya menjawab :
“AKU HANYA UTUSAN ALLAH SWT YANG DI UTUS KEPADAMU,YANG DI KATAKAN KEPADAKU BAHWA TIADA TUHAN SELAIN ALLAH”.
Sedangkan mu’jizat/karomah yang di alami baik oleh nabi besar muhammad SAW atau Mamak Haji Amilin yang sering di ceritakan para sepuh adalah benar tapi itu semata-mata adalah kehendak dan rahmat allah SWT bukan kehendak atau kemauan beliau. Allah berfirman dalam al-qur’an : “saat kamu melempar, maka bukan kamu yang melempar’tapi allah lah yang melempar”.
Da lihatlah iblis yng mampu terbang dan berpindah dari ujung barat ke ujung timur hanya dengan sekejap mata ! namun tetap saja dia terlaknat di hadapan allah swt.

MAKNA ASMAK ABDUL JABBAR/PERMOHONAN  
 TA’AWUDZ : A’UDZUBILLAHI MINASYAITHOIRRODZHIIM
Aku berlindung kepada allah dari godaan syaithan yang terkutuk,makna nya : dalam mengarungi hidup yang berat ini setan senantiasa menggoda manusia dengan laknatnya oleh karena itu,kita harus berlindung kepada allah agar terhindar dari laknat tersebut dengan cara mendekatkan diri kepada hukum-hukum allah
BASMALAH : BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM
Selain kita berlindung kepada hukum-hukum allah,maka kita mejalankan segala sesuatu dengan mengatas namakan allah. Artinya kita bertindak di muka bumi ini mewakili allah (khalifah di muka bumi ini) oleh karena itu segal tindak tanduk kita harus sesuai dengan yang di inginkan oleh allah yang tercantum dalam al-qur’an.
SYAHADAT : ASYHADUALLA ILAHAILALLAH WA ASHADUANNAMUHAMADARRASULULLAH
Hukum dengan sifat-sifat allah yang kita pakai dan nabi Muhammad sebagai pelaku yang kita pakai untuk mejalani kehidupan.
INNALILLAHI WA INNA ILAIHI RAJIUUN
Dalam hal ini semua yang di langit dan di bumi akan kembali kepadanya, maka kita jangan lah menyombongkan diri,segala sesuatu dengan kalimat insya allah.
Jadi jelas amalan di atas tanggung jawab yang berat bagi yang membacanya,bila mana mengingkari  atau mengkhianati sansinya akan sangat berat.  Semua nya karena sahadat diri, setiap abdul jabbar akan membawa shadatnya masing-masing kelak di hari akhir dan setiap abdul jabbar akan bertanggung jawab atas diri sendiri di hadapan shadatnya. Siapapun orang yang memvonis sesuatu karena sebab wirid nya asma abdul jabbar hanyalah semata-mata keridhoan allah terhadap hambanya yang senantiasa mengingatnya dalam keikhlasan,
“CUKUPLAH ALLAH YANG MENJADI PELINDUNG DAN HANYA KEPADA ALLAH LAH KITA MEMOHON PERLINDUNGAN, dalam pengmalannya yang di ajarkan  Mamak haji Amilin, asma abdul jabbar tidak memakai istilah guru atau murid, karena kita sama di mata allah,sama manusia nya.
APAKAH KITA SUDAH BENAR MENJADI MANUSIA ATAU SUDAHKAH MENJADI MANUSIA YANG BENAR?
Saksikan niat,ucap,dan perbuatan kita,apakah sudah betul sesuai dengan al-qur’an dan hadits. Salah satu wasiat mamak haji Amilin yang tercantum dlm kitab wasiat Asma Mamak Haji Amilin dalam bahasa Sunda dan di terjemahkan : ketika anda hendak mencari ilmu,harus di perhatikan bagaimana perilaku gurunya,bagaimana pelaksanaan ilmunya atau rnedah hati nya serta kasih sayang nya kepada murid. Dengan menurunkan ilmu,sebab mencari ilmu itu wajib dengan pelaksanannya. Mencari ilmu itu wajib bagi laki-laki dan perempuan,oleh karena itu perhatikan lah perilaku gurunya,karena ilmu yang paling utama itu adalah ilmu tingkah laku (akhlak) dan amal yang paling utama adalah memelihara tingkah laku.
Pepatah para sepuh= tetaplah seperti ilmu padi semakin berisi semakin merunduk,takut karena apa,berani punya apa.
Dalam masa penyebaran ajaran Asma Abdul Jabbar, Mamak Haji Amilin telah memberikan contoh teladan dari ajara asma yang baik. Hingga menurut kisah pala putra da keluarga beliau yang hadir pada saat Mama Haji Amilin mendekati ajal,Mamak Haji Amilin masih berpesan :Ulah musyrik....Ulah musyrik......Ulah Musyrik.....(jangan musryik 3x), lalu beliau pun meninggal.
Karena ajaran Asma Abdul Jabbar pernah di katakan sebagai aliran sesat oleh beberapa ulama,tuduhan sesat ini muncul dari masalah ke amanan,akidah dan persaingan perguruan.
Perdebatan yang serius terutama dalam pengistilahan : ABDUL JABBAR : dalam kalimah yang beliau sampaikan karena “Abdul itu di identikkan dengan makhluk bukan kholik,di khawatirkan dengan adanya penyimpangan akidah,namun alhamdulillah akhirnya setelah mencerna sesuai pemahaman HAKEKAT,terutama dari asbabun nuzulnya masalah tersebut selesai. Mereka menyimpulkan bahwa ajaran kalimah asma abdul jabbar mengandung penghayatan hakekat yang memang dalam.
 . Setelah salah satu penerus beliau menjelaskan kepada menteri agama akhirnya dapat di terima dan akhirnya nama ajaran sesat itu di cabut,namun akhirnya asma terpececah, yang di Jakarta di sebut asma intelek oleh yang di bandung karena ilmu di pergunakan ke kalangan luas dan membantu yang lemah secara massal,akhirnya banyak yang mengakui termasuk bapak Ali Sadikin almarhum yang pada waktu itu enjabat sebagai gubernur DKI

            HAKIKAT DAN NITSBAT ISMU ABDUL JABBAR
Nitsbat Ismu Abdul Jabbar ialah kepada tiga hamba allah : yaitu Malaikat Jibril Allaihissholatu Wassallam,Nabi Musa Allaihissholatu Wassallam, dan abi Besar Muhammad Rasulullahu Shalallahu alaihi wassallam (dalam kitab Syamsul Ma’arif Al Kubro )
Mungkin itulah filosofi ajaran Abdul Jabbar dari Mamak haji Amilin yang dalam pengalamannya di fokus pada “pengencangan otot ke dua lengan” di sertai dengan dzikir asmak-Nya.
Simbol lengan adalah filosofi kekuasaan dan power untuk merubah ke adaan, pada jibril Allaihissholatu Wassallam= lengan di simbolkan sayapnya yang jika di kembangkan sangat lebar dan panjang sekali dari ujung timur sampai ke ujung barat.
Pada Nabi Musa Allaihissholatu Wassallam = lengannya yang bercahaya
Pada Rasulullahu Shalallahu alaihi wassallam = di simbolkan sebagai “rahmatan lil alamin”
Hakikat Ismu Abdul Jabbar : dalam menggali khazanah ke ilmuan ismu Abdul jabbar adalah:
   
TA’AWWUDZ:
Pangreksa Allah adalah ismu yang mejadikan mengawali segala sesuatu yang yang dhohir :ALLAHU ISMUNLIDZTI WAJIBIL WUJUD,”Kalimat diatas merupakan kalimah peraksian terhadap asma yang merupakan kalimah cahaya awal kejadian.
BASMALAH:
Dengan menyebut  A sma Allah Arrohman dan Arrohim disini tersirat sebuah pemahaman “ASMA DZAT”.LAITSA KAMITSLIHI SYAI-UN Yakni ARRAHMAN dan ARRAHIM .Arrahman adalah ismuz Zat ismuz zat yang mengantarkan kepada  Nikmat dunia.Arrahim
Adalah ismuzzat  yang mengantarkan kita kepada nikmat di akhirat.
     Tetapi ini bukan berarti pengkotakan terhadap nikmat Allah.Karena ini adalah Ismu yang begitu lafazd ALLAH adalah  ismu yakni ismu DZAT LIDZATI WAJIBILWUJUD  Sama juga dengan dzat >
Laitsya kamitslihi syai-un ............

KONSEPSI ABDUL   JABBAR
Merupakan perwujudan dari tiga Pengreksa Allah yakni:
1.Jiwa
2.Ruh
3.Raga
Dalam bahasa lain disebut :
1.Nur
2.Kamilah
3.Baliah
Dalam bahasa lain disebut:
1.Tekat
2.Ucap
3.Lampah

SYAHADAT:
Maka dengan ketiga perkara diatas aku bersaksi bahwa,”LAA ILHA ILLALLOH MUHAMMADDARRASULULLAH,”Ini berarti meniadakan ILLAH(TUHAN/HIJAB)Yang ada pada ketiga perkara diatas kecuali hanya kepada Allah..........................”dan bahwa Muhamad SAW Adalah
Utusan Allah.”Disinilah kita menyadari bahwa segala sesuatu merupakan Pengreksa atau karena izin Allah dan keridhoan Allah, KONSEPSI inilah muncul kalimah Ke 4 yakni:
INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROOJI-UUN:Bahwa segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembalipun kepada ALLAH....................
       Dengan berdasarkan empat kunci ini,maka insya Allah IKHWAN al-hikmah DIHARAPKAN menjadi seORANG MANUSIA menjadi ABDUL JABBAR yang merupakan KHOLIFAH yang memiliki pangkat “MUHAMMAD SAW”Sebagai “wamaa arsalnaaka rahmatan  lil alamin.”
Ini yang menjadi cita-cita kita semua sebagai hamba Allah sehingga kita menjadi hamba yang selamat dan menyelamat sesama Makhluk ALLAH.

 KH.Mama amilin abdul jabbar Dan Bung karno

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Seiring dengan pertanyaan saya mengenai amanah2 KH Mama Amilin Abdul Jabar, sedikit informasi sebelumnya akan sy sharing di forum ini.



Setau saya, beliau Mama Sepuh KH Amilin lahir sekitar 1800 an, meninggal sekitar tahun 1962 dan dimakamkan di daerah Dayeuh Kolot Bandung dan bergelar Abdul Jabar diketahui sebagai salah satu guru spiritual presiden pertama Indonesia Bapak Ir. Soekarno. Beliau yg memprakarsai lahirnya falsafah negara Indonesia - Pancasila. Salahsatunya lambang Burung Garuda ini memiliki 17 sayap yg memiliki arti adalah "Hal yg lebih tajam dari Pedang Sayidina Ali RA adalah ahlak/perilaku yg mulia" (arti yg diambil dari tulisan arab yg membentuk sayap burung garuda).
Sungguh mulia bagian arti dari burung garuda ini. Dahulu dari sejarah nabi,Ahlak mulia memang hubungannya dengan Ahlak Nabi Muhammad SAW yg sungguh mulia. Bisa dihubungkan dengan kedua kalimah syahadat yg mengutamakan Ahlak yg baek. (segitu dulu ya)

43 komentar:

  1. Ass.. Ikhwan... Mau tanya.. Alamat makan mama dimana ?

    BalasHapus
  2. di dayeuhkolot jalan muhammad toha bandung gampang samping lapangan sepakbola zipur dan markas zipur.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum@raisa putri,KLO di Bandung saya tau Dr ALM kakek saya KLO GK salah panggilannya mama sehu,maaf KLO skrg masih ada atau tidak pengajian atau perguruanya di Bandung.?punten di Jalan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas sigit..
      Yg sya tau di bandung emang ada kumpulan perguruannya..
      Tapi lebih bagus lagi mas sigit langsung aja ke garut letaknya di desa cikamiri samarang.

      Hapus
    2. asslmualkm dicikamiri aya perkumpulan na kang ?

      Hapus
    3. Iya gitu . Cikamirinya sbelah mana? Trus brtemu sma siapa? Saya org cikamiri

      Hapus
    4. cikamirinya di mana kang Black Grind?trus nanti nemuin siapa ya kang?hatur nuhun kebetulan kampung kakek saya di leles tapi udah pada hijrah ke Bnudng.

      Hapus
    5. Ada kang ,di bandung. Jalan jamika GG.Kh ishaq wijaya. RT09RW 06. MASJID AR RAHMAN

      Hapus
    6. Mangga wa kang..
      Manawi peryogi mah..
      085221229430

      Hapus
    7. assalamualaikum. maaf kang untuk info aj.di ujungberung jg dh ada yg di amanahi tentang AAJ.utk lbh jelasny bs ktmu aj d masjid besar ujungberung kang wa dlu k no 081386177434.insya alloh beliau jg yg ber wasilah AAJ.htur nuhn

      Hapus
  4. Assalammualaikum wr wb..

    Sebelum ny sy perkenalkn diri..
    Sy nanang dri jkt.
    Sy bangga pny kakek mamak amilin abdul jabbar bin haji sarbeni..
    Dri silsilah mamak amilin abdul jabbar adik dri kakek sy yg bernama eyang haji idris bin haji sarbeni..
    Jdi.. haji sarbeni memiliki 5 anak..
    1. Eyang haji idris bin haji sarbeni.
    2. Eyang darma bin haji sarbeni
    3. Mamak amilin bin haji sarbeni.
    4. Nek enoh binti haji sarbeni.
    5. Eyang khosidin bin haji sarbeni.

    Smuany ini asli klahiran GARUT.
    Tepat di daerah samarang garut.
    Buyut sy haji sarbeni bin haji abdul rojaq kturunan dri kampung cimenceuk kcmtan samarang garut..
    Mamak amilin abdul jabbar bermukim d kampung pasir beurieh..
    Itu lah cerita singkat. Dri sy..

    Wassalmualaikum wr wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Pak, saya Panji pengamal AAJ Garut, dan KH Idris serta KH Amilin merupakan salah satu yg biasa saya tawasulkan.

      Hapus
    2. Assalamualaikum Kang Nanang hapunteun sy pengamal asma AJ tuntunan mamak Amilin bolehkah kang Nanang menerima sy sebagai saudara semata demi ukhuwah dan mempererat persaudaraan asma AJ tuntunan Mamak.
      Email jatirawamangun03@gmail.com

      Hapus
  5. Alhamdulilah ternyata sodara2 banyk g mengenal perguruan garuda puth abdu jabar. Alhamdulilahvsya sndiri sma mengamal kan amalan2 garuda putih abdu jabar. Untuk menjalin tali silahturohmi ssama satu perguruan garuda putih khusus nya. Dan umat muslim umum nya. Sya cantum kan no hp sya. 085882300717. Mamun jabrig. Dari cabang perguruan garuda putih abdu jabar yg di rengas dengklok karawang. Trimaksh

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum wr wb, sejak tahun 1995,alhamdulillah saya bisa belajar asma abdul jabar melalui mama haji Muhammad Thosin bin mama haji abdul jabar di bandung dan sampai sekarang masih belajar bersama2 dgn anak2nya mama haji thosin karna beliau sudah wafat tahun 2004 dan alhamdulillah sekarang yang jadi sesepuhnya abah haji ade sobandi, acara rutinan setiap hari rabu malam kamis maksud dan tujuan mempererat tali silaturahim dgn pala putra mama haji abdul jabar dari berbagai daerah. Dari beberapa ajarannya al. Hal keikhlasan, hawariqul adat, kifarot dan jaosan, pemahaman lainnya seperti pemahaman apa itu sholawat dan bagaimana beraholatan yg benar, bab aqid sifat 20 dan perlawanannya, hal wenang dan berprilaku hidup sehari-hari berdasarkan susunan alam, dan alam yg sekarang disebut alam malikul a'la atau sebab dan akibat. Dst...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ralat kata : beraholatan salah tulis maksudnya bagaimana bershalawat dengan benar,
      Aqid maksudnya Aqoid sifat 20 dan perlawanannya. Mohon maaf. Tq

      Hapus
    2. Puntenn... alamatnya kira2 dimana kang?

      Hapus
  7. Terima kasih sudah berbagi Share Ilmu semoga Barokah selalau tercurahkan kepada hambanya yang mau Berbagi Ilmu Aamiinnn

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Tolong alamat jelas nya tentang pengajian abdul jabbar yg berada di bandung dan cimahi trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandung. Jalan jamika, Gg KH Ishak Wijaya. RT09 RW 06 masjid AR RAHMAN

      Hapus
    2. Mangga bilih peryogi urg tiasa silaturahmi diajar sasarengan wa 085221229430

      Hapus
  10. ulama dulu ngajarin muridnya ampe ke awang awang kali ya. hatinya penuh cahaya yg di tembekan oleh Allah ke kolbu seorang hamba

    BalasHapus
  11. Assalam mualikum . Pelajaran asma dan makan mama amilin ada di bandung . Dayeuh kolot kp bojong asih RT 02 Rw 05

    BalasHapus
  12. klo boleh tau siapa pengurus nya di sana di dayeh kolot..saya mau kesana..dan kpd siapa saya harus ktmu untuk bertanya..krna saya jg agota asma abdul jabar..

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum,
    perkenalkan saya Panji, Ikhwan AAJ Garut, dari Jakarta Selatan. senang nambah saudara AAJ.

    BalasHapus
  14. Apa pebedaan nya lambang garuda antara yg merah dan hijau,mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mempunyai pertanyaan yg sama ttg warna tersebut..

      Hapus
  15. Alhamdulilah salam nampi salamet tur nyalametkeun...
    Nepangkeun abdi cepi ismail masih asma abdul jabar rruhul kamal pun bapa kapungkur sok ngaos ka pangersa ishaq wijaya.teras ayeuna gaduh group facebok
    Abdul jabar menuju ruhul kamal tos seueur anggota asma anu lebet wilayah jabar di antos kasadaya lebet di group facebok na na hatur nuhun 081222011807

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalamualaikum ..kang pami nami geroup na naon nya kang

      Hapus
  16. Assalamualaikum.. Saya keluarga dr alm bapak sudjarwo surabaya yg selama ini ikut alm haji abah obin kakak saya bernama heri.. Puluhan tahun mengenal ajaran alm ajengan haji mamak amilin bin sarbeni dari beliau2 saya mengenal arti hidup yg benar2 sabar, saya juga mengenal mas wisnu bandung

    BalasHapus
  17. Abdul jabar menuju ruhul kamal group fb nya dan tauhid asma abdul jabar

    BalasHapus
  18. Kakek dan ayah saya murid beliau dan danh saya sunya photo asli mama haji amilin yg masih hitam putih.

    BalasHapus
  19. Saya berguru dengan guru besar asma Abdul Jabbar di Palembang, namanya Rizal
    Guru saya juga belaja dengan mamak hj Amilin
    Jikalau tmn2 ada yg dari Palembang,kalau mau bertemu silaturahmi silakan hubungi sya aja

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum wr wb, nepang keun abdi Dadang ti cianjur jabar, terang asma Abdul Jabar pd thn 1972 dr guru abdi Bp Yusuf di cianjur, Bp yusuf berguru ka Bp Uju di Bandung, Bp Uju ber guru ka Mama Haji Amilin di Bandung, ka teman2 bilih aya anu bd silaturohim mangga ieu WA abdi 0819 0503 4159 , abdi linggih di cianjur, Hatur nuhun

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum.punten tumaros manawi anu di daerah garut masih araya keneh sesepuhna?nuhun

    BalasHapus
  22. Tos teu araya kamtun
    Penerus2 na

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum wr.wb. Saya berguru ilmu hikmah Al-Fitrah di Maluku kepada Ustadz Hi. Muhtar Nengkeula, beliau belajar Ilmu Hikmah berguru di Jakarta di Aba Ishak Musanif ( SLB=Saudara lahir Bathin) lambang juga Burung Garuda "Abdul Jabar", bahwa ilmu Hikmah itu juga yang bersal dari aba Amilin, untuk itu saya mohon ijin untuk menggambil data tersebut sebagai referensi di Jamaah Kami di Maluku. Terima kasih.

    BalasHapus

Blogroll

http://beladiri-alhikmah.blogspot.com http://nationalgeographic.co.id http://www.banjoemas.com/

About